Panduan wisata

Apakah Anda berencana liburan ke Dieng dalam waktu dekat ini? ketahui 5 Kiat Penting Selama Liburan ke Dieng dengan 5 panduan wisata Dieng ini.

Buat Planning atau Rencana Perjalanan



Jika anda berkunjung untuk liburan hal yang terpenting dan sangat penting adalah membuat rencana sebelum berangkat begitu pula jika anda ke Dieng anda harus membuat rencana atau minimal sudah punya Itinerary atau jadwal dan jangan sampai liburan anda menjadi kacau karena tidak ada planning. Salah satu plan terbaik yaitu dengan menentukan destinasi wisata yang akan dikunjungi waktu anda berada di Dataran Tinggi Dieng atau kita sebut saja dengan Dieng Plateau. Banyak destinasi wisata yang bisa anda kunjungi, karena di Dieng ini terbagi 2 area wisata. Dimana area wisata yang termasuk dalam Wisata 1 adalah yang berada di Dieng dan jaraknya relatif dekat yatiu Telaga Warna dan Telaga Pengilon, Kawah Sikidang, Kompleks Candi Arjuna, Bukit Scooter, Candi Gathotkaca, Candi Bima merupakan destinasi wisata yang letaknya berdekatan. Berbeda dengan area wisata yang kedua seperti Telaga Dringo, Telaga Merdada, Kawah Sileri, Sumur Jalatunda itu letaknya jauh apabila dijangkau dengan jalan kaki. Jadi alangkah baiknya anda membuat planning dahulu.

Booking Penginapan Dahulu

Suatu hal yang tidak harus dilupakan yaitu anda harus booking penginapan dahulu karena di Dieng itu lebih banyak homestay atau rumah tinggal dibandingkan hotel, sebenarnya jika musim liburan anda pasti akan kesulitan menemukan penginapan karena di Dieng sudah penuh semua. Karena itu anda harus jauh – jauh hari booking penginapan supaya anda tidak kesulitan untuk beristirahat jika malam tiba. Ingat di Dieng suhu pada malam hari bisa sampai minus 4 derajat. Cek Daftar harga homestay Dieng terbaru.
   
Tentukan Rute Perjalanan Anda

Setelah menentukan dua hal diatas sudah ditentukan saatnya anda menentukan rute yang akan anda lewati, ada dua rute yang terkenal jika anda akan mengunjungi Dataran Tinggi Dieng yaitu melewati Kabupaten Wonosobo atau melewati Kabupaten Banjarnegara. Jika anda dari Kota Semarang, Jakarta maupun dari Yogyakarta anda bisa melewati rute Kabupaten Wonosobo tetapi jika anda dari Purwokerto atau Purbalingga anda juga bisa melewati Banjarnegara tapi saran saya tetap lewat Kabupaten Wonosobo. Karena jalan yang dilalui jika anda memilih berangkat ke Dieng dari Wonosobo akan sangat asyik dan jalan tidak curam seperti jika anda melewati jalan yang di Banjarnegara. Rute dari Wonosobo menuju Dieng kurang lebih 45 menit jika lancar jadi lebih baik anda mengisi full bahan bakar kendaraan anda sebelum ke Dieng di SPBU yang ada di Wonosobo. Jangan sampai anda kehabisan bahan bakar di Dieng karena akan sulit untuk mengisi bahan bakar seperti pertamax.

Persiapkan Uang

Bagi anda mungkin yang hidup dikota besar tidak perlu pusing jika berbelanja atau membutuhkan uang tunai, tetapi jika anda sudah sampai di Dieng anda akan kesulitan menemukan Anjungan Tunia Mandiri atau yang biasa disebut dengan ATM. So kalau anda berkunjung bawalah uang tunai selama berada di Dieng dan juga uang pecahan Rp.5000,- maupun Rp.10.000,- untuk parkir kendaraan anda. Baca juga: Kiat liburan keluarga hemat ke Dieng.

Perlengkapan Pribadi

Ya kiat yang terakhir yang tak kalah pentingnya adalah anda harus mempersiapkan perlengkapan pribadi seperti Jaket, Senter, P3K, Sepatu Tracking dan lainnya yang menurut anda diperlukan. Jaket adalah perlengkapan yang harus wajib anda bawa karena suhu yang begitu dingin akan membuat anda kedinginan  dan untuk sarung tangan serta penutup kepala banyak tersedia di Dieng.

Blog, Updated at: 18.33

0 komentar:

Posting Komentar